Sunday, September 27, 2009

Khan - Space Shanty

Tulisan berikut ini secara tehnis tidak bisa dianggap sebagai review album, hanya sekedar curahan hati berkaitan dengan album ini.

Mungkin tidak banyak penggemar music rock, terutama generasi kini, yang mengenal band ini. Maklum band ini hanya muncul sesaat dan bikin satu album bagus kemudian bubar. Dan mungkin juga tidak banyak yang tahu kalo nama band ini terinspirasi dari seorang Indonesia. Ceritanya begini, tahun 1970, Steve Hillage sedang dalam perjalanan dari Australia mau mudik ke Inggris, saat itu pesawatnya harus transit di Bandara Kemayoran Jakarta (saat itu masih menjadi Bandara Internasional). Ketika dia sedang melamun di ruang tunggu bandara, tiba-tiba seseorang (yang ternyata seorang wartawan dan penggemar Steve Hillage) menyapa dengan nada suara macam orang terkejut “hey, ini Steve Hillage khan?... betul khan?” si Steve pun bengong dan segera si wartawan menyadari kesalahan berbahasanya (maklum kaget, karena tidak menyangka akan ketemu orang yang diidolakannya) dan menswitch bahasanya ke English.. akhirnya mereka berdua larut dalam perbincangan seru. (namun sayang, tulisan siwartawan tentang pertemuan dengan Steve Hillage itu tidak pernah dimuat di majalah tempat dia bernaung, karena menurut sang redaktur sosok Steve Hillage tidak popular di masyarakat Indonesia saat itu).

Kembali ke Steve Hillage, sesampainya di Inggris dia ketemu sama teman-temannya: Nick Greenwood (bass guitar), Dick Henningham (organ, yang kemudian diganti Dave Stewart) dan Pip Pyle (percussion, yang kemudian diganti Eric Peachey), mereka sepakat bikin band. Konsep musik sudah terbentuk, beberapa komposisi juga sudah tercipta hanya tinggal nama band yang belum ada. Si Steve yang ingat pertemuan dengan wartawan di Kemayoran itu mengusulkan nama Khan, sampai saat itu Steve merasa bahwa imbuhan khan yang diucapkan wartawan itu artinya sama dengan San dalam bahasa Jepang. Nick Greenwood pun bertanya: ”apa artinya brur?”, “gak tahu ya, tapi feeling gua ada nuansa kehormatan atau keagungan di kata itu man...” jawab Steve. Merekapun akhirnya setuju dengan nama itu..... Hallo, serius amat boss. I’m Just Kidding.... he he he, aslinya akupun gak tahu sejarah nama band ini, itu tadi cuman ngelantur gak karuan, maklum otakku agak goyang sedikit pagi ini.

Space Shanty ini salah satu album yang butuh penantian 2 dekade bagiku untuk memilikinya, lebih dari 20 tahun yang lalu aku pernah menyimak album ini dari kaset milik teman, produksi monalisa atau apple, aku lupa. Yang pasti saat itu aku sangat terkesan dengan musiknya yang indah membuai kalbu. Setelah itu, setiap ada kesempatan aku coba cari kaset/CD-nya diberbagai tempat, tapi hasilnya Nihil. Kalaupun ada di internet, harganya sangat tidak bersahabat... sampai akhirnya beberapa bulan lalu ada seorang anggota milis m-claro yang menjual CD album ini dalam kondisi baru dan harganya juga sangat membumi. Langsung aku kontak beliau, Alhamdulillah barang masih free, langsung deal dan aku segera ke bank buat transfer. Dua hari kemudian, CD Khan-Space Shanty dalam kondisi masih tersegel rapi sudah ada di tanganku, sungguh penantian yang cukup lama.

Khan-Space Shanty ini musiknya sangat nuansatik tahun 70-an, apalagi jika kita simak dalam ruangan remang cenderung gelap dan mata terpejam, maka alunan gitar Steve dan organ Dave yang sangat indah akan menghempaskan memori anda ke ruang-ruang ingatan tahun 70-an. Tidak mustahil di depan anda akan terbentuk image sebuat TV hitam putih sedang menayangkan gambar Pak Harto yang masih kelihatan muda dan segar bugar sedang meresmikan proyek ini itu atau gambar Ateng dan Ishak sedang kejar-kejaran kocak… atau silahkan anda pilih image 70-an sesuai selera, pasti cocok dengan suara musik Khan yang sedang terdengar. Dijamin!

Nah, betul kan yang aku tulis di awal, tulisan ini sama sekali bukan review yang memadai untuk album ini, jadi mohon maaf bagi anda yang sudah kadung membacanya dan tidak memperoleh review yang diharapkan.

No comments: